Metode Penelitian Deskriptif

Posted: Oktober 19, 2008 in mystudy
Tag:

Metode Deskriptif yaitu menggambarkan semua data yang kemudian dianalisis dan dibandingkan berdasarkan kenyataan yang sedang berlangsung dan selanjutnya mencoba untuk memberikan pemecahan masalahnya. Terdapat  beberapa  model  umum  yang  digunakan  sebagai  dasar  dari pengembangan perancangan sistem, yaitu :

a.      Waterfall/Linear Sequential/Classic Life Cycle model.

b.      Prototyping model.

c.      RAD (Rapid Applications Development) model.

d.      Evolutionary model.

Perancangan  sistem  dalam  Skripsi  ini  secara  garis  besar  akan mengikuti  langkah-langkah  pada  model  Classic Life Cycle model,  sehingga  model  inilah  yang akan dibahas selanjutnya.

Alasan dari pemilihan pendekatan model Classic Life Cycle model ini adalah :

1.      Menghindarkan  desain  dari  proses  yang  bersifat eksperimental  atau  coba-coba (trial and error).

2.      Input, output serta  proses yang ada  dalam sistem yang  akan dikembangkan sudah cukup jelas karena berangkat dari pemahaman sistem yang telah ada.

3.      Visibilitas  proses  pengembangan  sistem  akan  lebih  terjamin  dibandingkan dengan menggunakan model prototyping yang juga sering digunakan.

Tahapan-tahapan dalam model Classic Life Cycle model adalah sebagai berikut:

1.      Analisis/Definisi Kebutuhan

Ada dua aktifitas pada tahap ini yaitu:

a.      Analisis Kebutuhan, yang menghasilkan garis besar kebutuhan.

b.      Definisi  Kebutuhan,  yang  menghasilkan  dokumen  kebutuhan.  Dalam tahap  ini,  sistem  analis  harus  menggali  informasi  mengenai  fungsi, sifat,  tujuan  dan  kendala-kendala  yang  ada  di  dalam  sistem,  yang kemudian dituangkan menjadi definisi kebutuhan yang jelas.

2.      Desain Sistem dan Software

Tahap ini terdiri atas:

  1. Desain  Sistem,  yang  menghasilkan  konfigurasi  sistem  secara keseluruhan termasuk penjelasan kebutuhan hardware dan software.
  2. Desain Software, yang merupakan proses multistep berfokus pada 4 atribut pemrograman: struktur data, arsitektur software, spesifikasi interface, dan algoritma yang digunakan.  Tujuan  tahap  ini  adalah  untuk  menerjemahkan  kebutuhan  menjadi representasi  software  yang  bisa  diukur,  sebelum  dilakukan pemrograman/pengkodean.

3.      Implementasi dan Testing Unit

Dalam tahap ini, desain yang telah dibuat diterjemahkan dalam bentuk kode program  yang  dapat  dieksekusi  dan  dimengerti  oleh  mesin.  Kemudian dilakukan pengujian tiap-tiap program atau unit program untuk memperbaiki error dalam penulisan kode dan untuk  meyakinkan bahwa fungsi-fungsi yang  dibentuk  dapat  berjalan  sesuai  keinginan.  Tujuan  tahap  ini  adalah untuk menghasilkan unit program yang dapat dieksekusi dan valid.

4.   Integrasi dan Testing Sistem

Dalam  tahap  ini  unit  program  yang  telah  dibuat  dan  valid  akan diintegrasikan  dengan  unit  program  lainnya,  dan  kemudian  dilakukan pengujian secara keseluruhan. Tujuan dari tahap ini adalah untuk menjamin software/program yang dibuat dapat terintegrasi dengan baik dan siap untuk diaplikasikan/digunakan  oleh  user.  Biasanya  tahapan  ini  diterapkan  jika sistem yang dibangun sangat besar dan terbagi menjadi beberapa subsistem yang lebih kecil, dan masing-masing dikembangkan oleh tim yang berbeda.

5.  Operasi dan Perawatan

Tujuan dari perawatan sistem ialah agar sistem yang telah dikembangkan dapat mengakomodasi perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan sistem, sehingga kegiatan operasional dapat berjalan dengan baik. Di tahap perawatan, fase-fase awal pengembangan sistem diterapkan kembali.

Dalam  penerapannya,  tahap-tahap  ini  saling  tumpang-tindih  dan  saling ambil  informasi  satu  sama  lain.  Pada  tahap  desain,  permasalahan  mengenai definisi dan kebutuhan terungkap; dalam tahap pengkodean, masalah mengenai desain  baru  ditemukan;  dan  seterusnya.  Pada  kenyataannya,  tahap-tahapan tersebut bukan model linear yang sederhana, akan tetapi juga melibatkan banyak penyesuaian  proses  yang  dilakukan.  Chepy:2005.

Komentar
  1. SALMAH mengatakan:

    thank you

  2. Emilia mengatakan:

    pak.. bisa tolong jelasin ttg penjelasan ttg RAD ga??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s